DPRD NTB Gelar Kultum Selepas Dhuhur

0
556
PKS NTB
Jadikan Ramadhan kali ini yang terbaik

DPRD NTB berencana akan terus menggelar kuliah singkat atau kultum selepas menunaikan kewajiban ibadah shalat Dhuhur di Masjid Al Hidayah selama sebulan full pada ibadah Ramadhan tahun ini.

Direncanakan, para imam pada kegiatan shalat itu akan langsung menjadi penceramahnya. “Namun polanya giliran baik anggota DPRD hingga PNS di Sekretariat DPRD NTB,” ungkap Wakil Ketua DPRD NTB, H. Abdul Hadi seusai shalat Dhuhur, Senin (6/6) kemarin.

Ia mengatakan, kegiatan pembinaan rohani tersebut memang rutin dilakukan pihaknya tidak saja saat bulan Ramadhan namun dilakukan di hari-hari biasanya. Hal ini dihajatkan untuk mempererat ukhuwah dan silatuhrami sekaligus menambah wawasan agama. “Tapi khusus selama Ramadhan. Intensitasnya kita tingkatkan. Sehingga bisa berdampak positip terhadap kepribadian karyawan dalam beragama dan berkerja,” kata Abdul Hadi.

Dalam tausyiyah singkatnya, Ketua DPW PKS NTB mengajak semua umat Islam agar memulai segala sesuatu pekerjaan harus dimulai dengan niat.  Mengingat, perintah memulai niat tersebut telah diajarkan oleh Nabi Muhamad selaku Rasul Allah.

“Jadi niat itu adalah kemauan hati kita untuk melakukan sesuatu. Sehingga, tempatnya adalah dalam hati dan tidak ada hubungannya dengan lidah,” ujar Abdul Hadi.

Menurutnya, kalimat yang diucapkan sebagai niat menunjukkan sebab terjadinya amal perbuatan. Bahwasanya segala bentuk perbuatan pasti didorong oleh niat untuk melakukannya. Dimana, setiap amalan orang berakal yang mempunyai ikhtiar pasti terjadi karena adanya niat.

“Mustahil ada seorang waras yang berwudhu’, berangkat untuk shalat, bertakbir, dan melaksanakan shalat, termasuk berpuasa. Tetapi dikatakan bahwa ia tidak atau belum berniat. Sedangkan ia melakukan semua itu dari dorongan keinginan hatinya, itulah yang disebut dengan niat,” tandas Abdul Hadi. 031.