29.5 C
Mataram
Jumat, Desember 3, 2021
BerandaBeritaYek Agil: Jaga Situasi Kondusif Selama WSBK

Yek Agil: Jaga Situasi Kondusif Selama WSBK

Mataram – Para Wakil Rakyat di DPRD Provinsi NTB tidak ragu-ragu bahwa perhelatan World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, pada 19-21 September mendatang akan mendatangkan dampak ekonomi yang besar.

Karena itu para wakil rakyat mendorong supaya masyarakat menjaga situasi kondusif selama perhelatan tersebut. Pemerintah daerah pun diharapkan lebih maksimal mengelola pelaksanaan event balapan motor internasional itu. Sehingga dampak ekonominya bisa dirasakan masyarakat dengan maksimal.

“Hajatan ini saya kira menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita pasca Pandemi Covid-19. Karena itu WSBK ini harus kita kawal bersama, sebab banyak sekali multiplier effect yang akan kita peroleh,” ujar Anggota Komisi II DPRD Provinsi NTB, Yek Agil kepada Suara NTB, pekan kemarin.

Event WSBK yang diperkirakan akan mendatangkan puluhan ribu bahkan sampai ratusan ribu penonton itu diyakini akan banyak sekali menyerap kebutuhan produk barang dan jasa selama mereka berada di Lombok. Peluang itulah yang harus kemudian ditangkap dengan maksimal oleh pemerintah daerah maupun masyarakat.

“Kita hitung sederhananya saja kalau orang yang datang menonton itu 100 ribu orang. Berapa banyak penginapan yang akan dibutuhkan, berapa banyak kendaraan, berapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, tentu sangat besar sekali,” katanya.

“Kemudian produk-produk pertanian kita mulai dari beras, telur, sayur, daging sampai cabe. Itu berapa banyak yang dibutuhkan. Begitu juga rumah makan, suvenir dan lain-lainnya akan terserap banyak,” sambungnya.

Sebab itu Yek Agil menegaskan bahwa banyak sekali sektor yang akan ikut bergerak dengan kehadiran event WSBK tersebut. Diperkirakan perputaran uang  di Lombok akan mencapai angka triliunan selama perhelatan WSBK tersebut.

“Tinggal kita bagaimana sekarang kawal agar produk lokal kita itu benar-benar terserap. Sehingga semua sektor akan bergerak, semua lapisan masyarakat kita bisa mendapatkan manfaat ekonomi dengan maksimal. Tapi kalau ini tidak kita jaga, harapan kita tidak bisa terpenuhi dengan maskimal,” ungkapnya.

Oleh karena itulah, ia pada semua pihak bersama-sama menyukseskan event internasional tersebut. Dengan cara bersama-sama menciptakan suasana kondusif, sehingga orang tidak ragu untuk datang ke NTB.

“Saya berharap agar seluruh komponen masyarakat bisa menciptakan suasana yang kondusif. Kita kawal bersama, kalau masih ada kekurangan disana sini, itu masih dalam kewajaran. Karena aktualisasi diri (kritik) yang terlalu berlebihan dengan berbagai macam aksi. Kita khawatir bisa memunculkan persepsi dimata masyarakat internasional,  bahwa daerah kita ini tidak aman,” pungkasnya.

Sumber: Suara NTB https://www.suarantb.com/jaga-situasi-kondusif-selama-wsbk/

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Most Popular

Recent Comments